SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Sanggau
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : X / Umum
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
/ Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Menggunakan
aturan pangkat, akar dan logaritma.
|
· Bentuk
Pangkat
Ø Pangkat
Bulat Positif.
Ø Pangkat
Nol dan Pangkat Bulat Negatif.
Ø Sifat-Sifat
Pangkat Bulat Positif.
|
· Mendefinisikan
bentuk pangkat bulat positif.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan pokok dan pangkat eksponen.
· Memberikan
contoh bentuk perkalian berulang.
· Menyatakan
bilangan berpangkat positif ke dalam
bentuk bilangan berpangkat negatif.
· Mendefinisikan
pangkat nol dan pangkat bulat negatif.
· Menyatakan
bilangan yang berpangkat negatif ke dalam bentuk bilangan berpangkat positif.
· Memberikan
contoh pangkat nol dan pangkat bulat negatif.
· Mendefinisikan
sifat-sifat pangkat bulat positif.
· Menyederhanakan
bentuk pangkat dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif.
· Memberikan
contoh sifat-sifat pangkat bulat positif.
|
· Menentukan
pangkat bulat positif.
· Menentukan
pangkat nol dan pangkat bulat negatif.
· Menggunakan
sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah.
|
Tugas Individu.
|
Uraian singkat.
|
1. Nyatakan
dalam bentuk perkalian berulang!
a. 43
b.
2. Nyatakan
tidak dengan pangkat nol atau negatif.
a. 50
b. (-6)0
3. Sederhanakanlah.
a. 26
: 24
b.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Bentuk
Akar
Ø Pangkat
Rasional.
Ø Operasi
Aljabar Bentuk Akar.
Ø Merasionalkan
Penyebut Pecahan.
Ø Persamaan
Pangkat Sederhana.
Ø Menyederhanakan
Bentuk
(Pengayaan).
|
· Menggunakan
sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan persoalan.
· Menyatakan
suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk akar.
· Menentukan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar.
· Menyederhanakan
bentuk akar.
· Menentukan
sekawan suatu bilangan.
· Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan
dengan sekawan dari penyebut.
· Menyeselaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
· Mendefinisikan
bentuk
.
· Menyederhanakan
bentuk
dengan
mengkuadratkan dan menjadi bilangan kuadrat sempurna.
|
· Menentukan
pangkat rasional pada bentuk akar.
· Menyelesaikan
operasi aljabar pada bentuk akar.
· Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
· Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok yang sama pada bentuk akar.
· Menyelesaikan
bentuk
pada bentuk
akar.
|
· Tugas
Individu.
· Tugas
Kelompok.
· Tugas
Individu.
· Kuis.
· Tugas
Individu.
|
Uraian
singkat.
|
1. Nyatakan
bentuk berikut ini dalam pangkat rasional.
a.
b.
2. Sederhanakanlah
tiap-tiap bentuk dibawah ini.
a.
b.
3. Rasionalkan
tiap bilangan pecahan dibawah ini.
a.
b.
4. Tentukan
nilai x yang memenuhi persamaan
berikut ini.
a.
b.
5.
Sederhanakanlah tiap bentuk
dibawah ini.
a.
b.
|
4 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Sifat-sifat
Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bulat Positif, Pangkat Bulat Negatif dan
Nol.
· Bilangan
Rasional.
· Operasi
Aljabar Bentuk Akar.
· Merasionalkan
Penyebut Pecahan Bentuk Akar.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat
bulat positif, negatif dan nol), bilangan rasional, operasi aljabar pada
bentuk akar dan merasionalkan penyebut
pecahan bentuk akar.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan berpangkat
(pangkat bulat positif, negatif dan nol, bilangan rasional, operasi aljabar
pada bentuk akar dan merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
|
Ulangan Harian
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Saingkat
|
1.
a.
b.
c.
d.
e.
2. Sederhanakanlah.
a.
b.
|
2 × 45 Menit
|
|
|
· Logaritma.
Ø Logaritma
Basis 10.
Ø Logaritma
sebagai Invers dari Pangkat.
Ø Sifat-Sifat
Logaritma.
Ø Mengubah
Bilangan Pokok Logaritma.
|
· Mendefinisikan
logaritma basis 10 dengan bilangan pokok dan hasil pangkat.
· Menentukan
logaritma suatu bilangan dengan menggunakan table logaritma atau kalkulator.
· Mendefinisikan
logaritma sebagai invers dari pangkat.
· Menggubah
bentuk logaritma kedalam bentuk pangkat dan sebaliknya.
· Mendefinisikan
logaritma dan sifat-sifat ligaritma.
· Menyederhanakan
logaritma dengan menggunkan sifat-sifat logaritma.
· Mendefinisikan
bilangan pokok logaritma.
· Menggunakan
kalkulator atau tabel dalam menyelesaikan bilangan pokok logaritma.
|
· Menentukan
logaritma basis 10.
· Menentukan
logaritma dari pangkat.
· Menyelesaikan
sifat-sifat logaritma dalam pemecahan masalah.
· Menentukan
bilangan pokok logaritma.
|
· Tugas
Individu.
· Tugas
Individu.
· Tugas
Kelompok.
· Tugas
Individu.
|
Uraian
singkat.
|
1.Tentukan
logaritma dari bilangan-bilangan di bawah ini, sampai tiga angka di belakang
koma.
a. 1.000
b. 9,3
2. Nyatakan
tiap logaritma di bawah ini dalam bentuk pangkat.
a. 3log
9 = 2
b.
3. Sederhanakanlah.
a. 10log
287
b. 2log
4 + 2log 8
4.Nyatakanlah
dengan bilangan pokok yang diketahui disampingnya.
a. 32log
2 ; 2
b. 5log
8 ; 3
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Logaritma
Basis 10.
· Logaritma
sebagai Invers dari Pangkat.
· Sifat-Sifat
Logaritma.
· Mengubah
Bilangan Pokok Logaritma.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan logaritma basis 10, logaritma
sebagai inversdari pangkat, sifat-sifat logaritma dan mengubah bilangan pokok
logaritma.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai logaritma basis 10,
ligaritma sebagai invers dari pangkat, sifat-sifat logaritma dan mengubah
bilangan pokok logaritma.
|
Ulangan Harian.
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Singkat.
|
1.Nilai
dari
a. 3
b. 2
c.
d.
e.
2. Jika
alog x = 3 dan 3alog y = 3, maka
nilai
sama dengan
…….
|
2 × 45 Menit
|
|
1.2. Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma.
|
· Bentuk
Pangkat, Akar dan Logaritma.
· Sifat-Sifat
Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma.
|
· Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memenuhi pangkat bulat.
· Menyederhanakan
bilangan bentuk akar.
· Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat logaritma.
· Menggunakan
konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.
· Melakukan
pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan
logaritma.
|
· Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar dan logaritma.
· Membuktikan
dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat
rasional dan berpangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk
akar dan sifat dari logaritma.
|
· Tugas
Individu.
· Tugas
Kelompok.
|
· Uraian
singkat.
· Uraian
Obyektif.
|
1.Bentuk
sederhana dari
adalah …..
2.Buktikan
bahwa.
a. an
× am =an+m
b.
c. alog
xy= alog x + alog y
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Sifat
Bilangan dengan Pangkat Bulat Positif.
· Merasionalkan
Penyebut Pecahan Bentuk Akar.
· Sifat-Sifat
dari Logaritma.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat
bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan sifat-sifat
dari logaritma.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat bilangan dengan
pangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan sifat-sifat
dari logaritma.
|
Ulangan Harian.
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1. Jika
diketahui a = 16 dan b = 9, maka nilai dari
= .........
a.
-2.806
b.
-2.608
c.
2.608
d.
2.680
e.
2.860
2.
Tulislah pecahan ini
dalam bentuk paling sederhana. Kemudian
rasionalkan penyebut pecahan tersebut.
|
2 × 45 Menit
|
|
Standar
Kompetensi : 2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
|||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||
2.
1.Memahami konsep fungsi.
|
· Fungsi
Ø Pengertian
Fungsi.
Ø Domain
dan Range suatu Fungsi.
Ø Notasi
Fungsi.
|
· Mendeskripsikan
pengertian fungsi.
· Memehami
konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh-contoh.
· Mengidentifikasi
cirri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
· Menjelaskan
peristiwa sehari-hari yang dapat dipandang sebagai fungsi.
· Menentukan
daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain) dan daerah hasil (range) dari
fungsi.
· Mengenal
dan memahami notasi fungsi.
· Menyatakan
kurva sebagai fungsi dengan menggunakan notasi fungsi.
|
· Memahami
pengertian fungsi.
· Menentukan
domain dan range suatu fungsi.
· Menentukan
notasi fungsi.
|
Tugas Individu.
|
Uraian
singkat.
|
1. Perhatikan
diangram!
A
Yang manakah
merupakan fungsi dari kedua diagram diatas?
2. Fungsi
f memetakan setiap bilangan asli
ganjil ke-2 dan setiap bilangan asli genap ke-2. Tentukan:
a. Domain
f.
b. Range
f.
3. Pada
gambar kurva di bawah tentukan notasi fingsinya.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Jenis-Jenis
Fungsi.
|
· Mendefinisikan
jenis-jenis fungsi.
· Mengidentifikasi
jenis-jenis fungsi.
· Mendeskripsikan
karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya.
|
· Mengidentifikasi
jenis-jenis fungsi.
|
Tugas Individu.
|
Uraian
singkat.
|
· Berikan
satu contoh dari masing-masing sebuah fungsi.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Sifat-Sifat
Fungsi.
|
· Mendefinisikan
sifat-sifat fungsi.
· Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi.
· Mendeskripsikan
karakteristik fungsi berdasarkan sifatnya.
|
· Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi.
|
Tugas Individu.
|
Uraian
singkat.
|
· Berikan
satu contoh dari masing-masing sifat fungsi.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
2.2.
Mengambarkan grafik fungsi
aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
· Fungsi
Aljabar.
|
· Mendefinisikan
fungsi aljabar sederhana.
· Menentukan
nilai fungsi dari fungsi aljabar sederhana.
· Mengambar
grafik fungsi aljabar sederhana menggunakan hubungan anatara nilai variabel
dan nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana.
|
· Menentukan
fungsi aljabar.
|
Tugas Individu.
|
Uraian
singkat.
|
· Diketahui
f(x) = x2 dan g(x)
= 4, untuk x
R. Gambarlah grafik f + g pada sistem koordinat yang sama.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Fungsi
Kuadrat.
|
· Mendefinisikan
fungsi kuadrat.
· Membuat
tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada
fungsi kuadrat.
· Mengambar
grafik fungsi kuadrat antara nilai variabel dan nilai fungsi kuadrat.
· Menentukan
sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
· Merumuskan
hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan
koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
· Menentukan
sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
· Menggambar
garfik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
· Mengidentifikasi
definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
|
· Menentukan
fungsi kuadrat.
|
Tugas Individu.
|
Uraian
singkat.
|
· Gambarkanlah
grafik fungsi kuadrat dengan persamaan berikut.
a. y
= 6x2 – 12x + 18
b. y
= x2 – x + 2
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
2.3. Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
· Persamaan
Kudrat.
Ø Menyelesaikan
Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran.
Ø Menyelesaikan
Persamaan Kudrat dengan Melengkapkan Kuadrat Sempurna.
Ø Menyelesaikan
Persamaan Kuadrat dengan Rumus abc.
Ø Menyelesaikan
Persamaan Kuadrat dengan Grafik.
Ø Jumlah
dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat.
Ø Diskriminan
dan Penggunaannya.
|
· Mendeskripsikan
bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat.
· Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan faktorisasi.
· Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna.
· Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc.
· Mencari
akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan grafik.
· Menghitung
jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian
persamaan kuadrat.
· Menentukan
hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan
kuadrat.
· Membuktikan
rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
· Menggunakan
rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
· Mengidentifikasi
hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai deskriminan.
· Merumuskan
hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
· Menyelidiki
jenis akar persamaan kuadrat dengan menghitung deskriminan persamaan kuadrat.
|
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan pemfaktoran.
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna.
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan rumus abc.
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan grafik.
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan jumlah dan hasil kali akar-akar.
· Menentukan
persamaan kuadrat dengan diskriminan dan penggunaannya.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian
singkat.
|
1. Faktorkan
tiap bentuk kuadrat di bawah ini.
a.
b.
2. Tentukan
penyelesaian tiap persamaan kuadrat di bawah ini dengan melengkapkan kuadrat.
a.
b.
3. Tentukan
akar-akar persamaan kuadrat di bawah ini dengan rumus.
a.
b.
4. Tentukan
penyelesaian persamaan
dengan
menggunakan grafik
.
5. Pakailah
rumus jumlah dan hasil kali persamaan kuadrat untuk menentukan jumlah dan
hasil kali akar-akar persamaan berikut.
a.
b.
6. Tentukan
jenis akar-akar persamaan kuadrat di bawah ini.
a.
b.
|
4 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Pertidaksamaan
Kudrat.
Ø Menyelesaikan
Pertidaksamaan dengan Memperhatikan Tanda-Tanda Pertidaksamaan Kuadrat.
Ø Menyelesaikan
Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Grafik Fungsi Kuadrat.
|
· Mendeskripsikan
bentuk umum dan contoh pertidaksamaan kuadrat.
· Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan memperhatikan tanda-tanda
pertidaksamaan kuadrat.
· Menentukan
arti geometris dari peneyelesaian pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik
fungsi kuadrat.
· Mendeskripsikan
tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
· Menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode uji titik.
|
· Menyelesaikan
pertidaksamaan dengan memperhatikan tanda-tanda pertidaksamaan kuadrat.
· Menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan grafik fungsi kuadrat.
|
Kuis.
|
Uraian
Obyektif.
|
1. Tentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan di bawah ini.
a.
b.
2. Dengan
manggambar grafik fungsi di bawah ini. Tentukan nilai x yang memenuhi sehingga:
(i) y
> 0, (ii) y < 0
a. y
= x2 – 2x + 6
b. y
= x2 + 4
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Pertidaksamaan
Bentuk Akar.
|
· Mendeskripsikan
bentuk umum dan contoh pertidaksamaan bentuk akar.
· Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar.
|
· Menentukan
pertidaksamaan bentuk akar.
|
Kuis
|
Uraian
Obyektif
|
· Tentukan
nilai x yang memenuhi tiap-tiap
pertidaksamaan di bawah ini!
a.
b.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Pertidaksamaan
Bentuk Nilai Mutlak.
|
· Mendeskripsikan
bentuk umum dan contoh pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
· Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan bentuk nilai mutlak dengan menggunakan sifat-sifat
nilai mutlak.
|
· Menentukan
pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
|
Kuis
|
Uraian
Obyektif
|
· Tentukan
nilai x yang memenuhi tia-tap
persamaan nilai mutlak di bawah ini (x
R).
a.
b.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Pengertian
Fungsi.
· Fungsi
Aljabar Sederhana dan Kuadrat.
· Grafik
Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat.
· Persamaan
Kuadrat.
· Pertidaksamaan
Kuadrat.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian fungsi, fungsi aljabar
sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat,
serta penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi
aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat serta penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
Ulangan Harian.
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1. Jika
(x + a) (x – 3) = x2+6x – 27, maka a sama
dengan ……..
a. -9
b. -2
c. 2
d. 3
e. 9
2. Tentukanlah
himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat berikut ini!
a. x2
+ 3x = -2
b. x2
+ 9x + 20 =0
|
2 × 45 Menit
|
|
|||||||||||
2.4. Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan kaudrat.
|
· Menyusun
Persamaan Kuadrat.
|
· Menyusun
persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan
perlkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
· Menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar
persamaan kuadrat lainnya.
|
· Menyusun
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian
Obyektif.
|
· Susunlah
suatu persamaan kuadrat dengan menggunakan jumlah dan hasil kali jika
diketahui akar persamaan kuadrat di bawah ini.
a. -2
dan 7
b. 3
dan 8
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Diskriminan
Persamaan Kuadrat.
· Jumlah
dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat.
· Menyusun
Persamaan Kuadrat.
|
· Melakukan
ulangan berisi diskriminan persamaan kuadrat, jumlah dan hasil kali akar-akar
persamaan kuadrat dan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya
diketahui.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan persamaan
kuadrat, jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan penyusunan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
|
Ulangan Harian
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1. Akar-akar
persamaan kuadrat
adalah ……..
a. –a dan -1
b. 2a dan 2
c. a2
dan 1
d. a
dan 2a
e. 2a2 dan (a + 1)
2. Diketahui
akar-akar persamaan px2
+ x + q = 0 ialah α dan 5α. Tunjukkanlah bahwa pq =
.
|
2 × 45 Menit
|
|
|||||||||||
2.5. Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat.
2.6. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya.
|
· Masalah
yang Melibatkan Persamaan Kuadrat.
|
· Mengidentifikasi
maslah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan atau fungsi
kuadrat.
· Menentukan
besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan atau fungsi
kuadrat.
· Merumuskan
persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari.
· Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi
kuadrat.
· Menafsirkan
penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehiidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
|
· Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang melibatkan persamaan kuadrat.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian Singkat.
|
1. Lebar
sebuah persegi panjang 5 cm kurang dari panjangnya. Jika luas persegi panjang
84cm2. Buatlah model matematikanya!
2. Dua
buah bilangan berbanding sebagai 3 : 7. Tentukan kedua bilangan itu jika
hasil kalinya 5,376…..
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
2.7. Menyelesaikan
pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
|
· Pertidaksamaan
Bentuk Pecahan.
|
· Menyelesaikan
pertidaksamaan satu variabel dari suatu masalah dalam matematika yang
berkaitan dengan bentuk pecahan aljabar.
· Menafsirkan
pertidaksamaan satu variabel dari suatu
masalah dalam matematika yang berkaitan dengan bentuk pecahan aljabar.
|
· Menyelesaikan
pertidak samaan satu variabel dari masalah yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian
singkat.
|
· Selesaikan
setiap pertidaksamaan dibawah ini.
a.
b.
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
2.8. Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel.
2.9. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu
variabel dan penafsirannya.
|
· Model
Matematika dalam Pertidaksamaan.
|
· Mengidentifikasi
maslah yang mempunyai keterkaitan dengan pertidaksamaan.
· Menentukan
besaran masalah yang dirancang sebagai variabel pertidaksamaan.
· Merumuskan
pertidaksamaan yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika.
· Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika yang berkitan dengan
pertidaksamaan.
Menafsirkan
penyelesaian masalah dalam matematika yang berkitan dengan pertidaksamaan.
|
· Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian
singkat.
|
1. Harga
4 buah mangga tidak lebih dari Rp.10.000,-. Buatlah model matematika
pertidaksamaannya.
2. Pada
sebuah kendaraan tertulis berat badan maksimal 2.000 kg. Jika seorang sopir
yang beratnya 60 kg, hendak membawa beras dalam karaung yang masing-masing
beratnya 100 kg. berapa banyak karung yang dapat diangkut?
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|||||||||||
|
· Masalah
yang Melibatkan Persamaan Kuadrat.
· Pertidaksamaan
Bentuk Pecahan.
· Model
Matematika dalam Pertidaksamaan.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan masalah yang melibatkan persamaan
kuadrat, pertidaksamaan bentuk pecahan dan model matematika dalam
pertidaksamaan.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik baerkaitan dengan materi mengenai masalah yang melibatkan
persamaan kuadrat, pertidaksamaan bentuk pecahan dan model matematika dalam
pertidaksamaan.
|
Ulangan Harian.
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1.
Peluru ditembakkan ke atas
membentuk lintasan dengan rumus h(t) = 40t – 6t2, dengan h tinggi
peluru (m) dan t waktu (detik). Lamanya waktu peluru kembali jatuh ke tanah
adalah…….
a.
detik
b.
detik
c.
detik
d.
detik
e.
6 detik
2.
Edo berlari sejauh 3km. Kemudian,
ia mengendarai sepeda motor sejauh 5km. Kecepatan sepeda sepeda motor 14
km/jam lebih cepat dari pada kecepatan lari Edo. Jika seluruh waktu yang
ditempuh Edo 45 menit. Hitunglah rat-rata kecepatan lari Edo.
|
2 × 45 Menit
|
|
Standar
Kompetensi : 3. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Menyelesaikan
isstem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat
dalam dua variabel.
|
· Persamaan
Garis Lurus.
Ø Gradien
Garis dan Persamaan Garis
dan
.
Ø Persamaan
Garis
.
Ø Persamaan
Garis
.
Ø Garis
Dalam Bentuk
Linear.
Ø Garis
.
Ø Garis
|
· Mendefinisikan
gradien garis.
· Memberikan
contoh penyelesaian gradien garis.
· Mendefinisikan
persamaan garis
dan
.
· Memberikan
contoh penyelesaian persamaan garis
dan
.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang persamaan garis
.
· Memberikan
contoh persamaan garis
.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang persamaan garis
.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang garis
dalam bentuk
linear.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang garis
.
· Memberikan
contoh garis
.
· Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang garis
.
· Memberikan
contoh garis
.
|
· Menentukan
gradien garis dan persamaan garis
dan
dalam
persamaan garis lurus.
· Menentukan
persamaan garis
.
· Menentukan
garis
.
· Menentukan
garis
dalam bentuk
linear.
· Menentukan
garis
.
· Menentukan
garis
.
|
Tugas Individu.
|
Uraian Singkat.
|
1. Gambarlah
suatu ngrafik pertumbuhan dari suatu spesies jika diketahui pertumbuhannnya
paling cepat pada :
a. Usia
muda.
b. Di
usia tua.
2. Tentukan
persamaan garis yang memotong sumbu y
di A(0,6) dan sumbu x di B(5,0).
3. Tentukan
persamaan garis yang melalui titik P(3,5) dan bergradien 2!
4. Tentukan
persamaan garis yang melalui titik (2,1) dan titik (-2,5)!
|
4 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Sistem
Persamaan Linear.
Ø Sistem
Persamaan Linear dengan Dua Variabel.
Ø Sistem
Persamaan dengan Dua Variabel, Satu Linear dan Satu Kuadrat.
Ø Sistem
Persamaan Linear dengan Tiga Variabel.
|
· Mengidentifikasi
langkah-langkah penyelesaian linear dua variabel.
· Menggunakan
sistem persamaan linear dua variabel untunk menyelesaikan soal.
· Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel dengan menggunakan
ngrafik.
· Memeriksa
hasil penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel berdasarkan
ngrafik dengan menggunakan metode eliminasi, metode substitusi dan metode gabungan
eliminasi dan substitusi.
· Mengidentifikasi
langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel,
satu linear dan kuadrat.
· Menenmukan
penyelesaian sistem persamaan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat.
· Mengidentifikasi
langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
· Menggunakan
sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
· Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
|
· Menyelesaikan
sistem persamaan linear dengan metode grafik.
· Menyelesaikan
sistem persamaan linear dengan metode substitusi, metode eliminasi dan metode
gabungan substitusi dan eliminasi.
· Menyelesaikan
sistem persamaan dengan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat.
· Menyelesaikan
sistem persamaan linear dengan tiga variabel.
|
· Tugas
Individu.
· Tugas
Individu.
· Tugas
Individu.
· Tugas
Kelompok.
|
Uraian Singkat.
|
1. Tentukan
koordinat titik potong sistem persamaan berkut.
x
+ y = 4
x
– y = 2
2. Selesaikanlah
setiap sistem persamaan di bawah ini dengan metode gabungan substitusi dan eliminasi.
2x + y = 4
3x – 2y = - 1
3. Selesaikan
sistem persamaan berikut ini.
x2
– y2 = 9
x
= 5
4. Selesaikan
sistem persamaan linear di bawah ini.
x
+ y + z = 2
2x – y + z = -1
x
– y – z = 0
|
8 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Persamaan
Garis Lurus.
· Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel.
· Sistem
Persamaan dengan Dua Variabel, Satu Linear dan Satu Kuadrat.
· Sistem
Persamaan Linear dengan Tiga Variabel.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, sistem
persamaan linear dua variabel, sistem persamaan dengan dua variabel, satu
linear dan satu kuadrat dan sistem persamaan linear dengan tiga variabel.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik barkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus,
sistem persamaan linear dua variabel, sistem persamaan dengan dua variabel,
satu linear dan satu kuadrat dan sistem persamaan linear dengan tiga
variabel.
|
Ulangan Harian
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1. Diketahui
sistem persamaan :
y
= 4x + p
y
= x2 – 2x + 3
mempunyai
penyelesaian tunggal. Nilai p adalah…..
a. 3
b. 6
c. 9
d. -3
e. -6
2. Jika
(p, q, r) memenuhi sistem persamaan:
2x + 3y + z = 8
3x – 2z = 7
2y – 3z = -16
Maka nilai p + q =
…..
|
2 × 45 Menit
|
|
3.2. Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.
3.3. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dan penafsirannya.
|
· Masalah
yang Melibatkan Sistem Persamaan Linear.
|
· Mengidentifikasi
maslah yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan linear.
· Menentukan
besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan linear.
· Merumuskan
persamaan linear yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam
matematika.
· Menyelesaikan
model matematika dari suatu masalah dalam matematika yang berkitan dengan
sistem persamaan linear.
· Menafsirkan
penyelesaian masalah dalam matematika yang berkitan dengan persamaan linear.
|
· Menyelesaikan
masalah yang melibatkan sistem persamaan linear.
|
Tugas Kelompok.
|
Uraian
Obyektif.
|
1. Harga
5 kg mangga dan 4 kg jeruk Rp.55.000,-. Harga 5 kg mangga dan 3 kg jeruk
Rp.47.500,-. Buatlah model matematikanya.
2. Harga
5 kg mangga dan 4 kg jeruk Rp.55.000,-. Harga 5 kg mangga dan 3 kg jeruk
Rp.47.500,-. Berapakah harga 1 kg mangga dan harga 1 kg jeruk?
|
2 × 45 Menit
|
Sumber :
· Buku
paket.
· Buku
refrensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
· OHP
· Papan
tulis
· Sepidol
|
|
· Masalah
yang Melibatkan Sistem Persamaan Linear.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan masalah yang melibatkan persamaan
linear.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai masalah yang melibatkan
persamaan linear.
|
Ulangan Harian.
|
· Pilihan
Ganda.
· Uraian
Obyektif.
|
1. Pada
tahun 2009 usia Udin seperempat usia pamannya. Jika pada tahun 2011 usia Udin
sepertiga usia pamannya maka Udin lahir pada tahun…..
a. 1998
b. 2000
c. 2001
d. 2003
e. 2005
2. Ditoko
buku “MURAH”, Adi membeli 4 buku, 2 bolpoin dan 3 pensil dengan harga
Rp.26.000,-. Bima membeli 3 buku, 3 bolpoin dan 1 pensil dengan harga
Rp.21.500,-. Citra membeli 3 buku dan 1 pensil dengan harga Rp.12.500,-. Jika
Dina membeli 2 bolpoin dan 2 pensil maka ia harus membayar……
|
2 × 45 Menit
|
|
Guru Matematika, Mahasiswa,
Dzakiyah Yasfin, S.Pd Desia Meli
NIP. 198601132010012014 NIM. 310800049
Tidak ada komentar:
Posting Komentar