Selasa, 31 Januari 2012

Silabus ganjil Aqu

SILABUS
Nama Sekolah               : SMA Negeri 1 Sanggau
Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas / Program             : X / Umum
Semester                        : Ganjil
Standar Kompetensi      : 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar dan logaritma.
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk instrumen
Contoh Instrumen
1.1.  Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
·   Bentuk Pangkat
Ø Pangkat Bulat Positif.












Ø Pangkat Nol dan Pangkat Bulat Negatif.









Ø Sifat-Sifat Pangkat Bulat Positif.

·   Mendefinisikan bentuk pangkat bulat positif.
·   Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan pokok dan pangkat eksponen.
·   Memberikan contoh bentuk perkalian berulang.
·   Menyatakan bilangan berpangkat positif ke dalam  bentuk bilangan berpangkat negatif.

·   Mendefinisikan pangkat nol dan pangkat bulat negatif.
·   Menyatakan bilangan yang berpangkat negatif ke dalam bentuk bilangan berpangkat positif.
·   Memberikan contoh pangkat nol dan pangkat bulat negatif.

·   Mendefinisikan sifat-sifat pangkat bulat positif.
·   Menyederhanakan bentuk pangkat dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif.
·   Memberikan contoh sifat-sifat pangkat bulat positif.

·   Menentukan pangkat bulat positif.












·   Menentukan pangkat nol dan pangkat bulat negatif.









·   Menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif dalam pemecahan masalah.
Tugas Individu.

Uraian singkat.


1.    Nyatakan dalam bentuk perkalian berulang!
a. 43
b.









2. Nyatakan tidak dengan pangkat nol atau negatif.
a. 50
b. (-6)0








3. Sederhanakanlah.
a. 26 : 24
b.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Bentuk Akar
Ø Pangkat Rasional.









Ø Operasi Aljabar Bentuk Akar.









Ø Merasionalkan Penyebut Pecahan.







Ø Persamaan Pangkat Sederhana.




Ø Menyederhanakan Bentuk  (Pengayaan).

·   Menggunakan sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan persoalan.
·   Menyatakan suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk akar.

·   Menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar.
·   Menyederhanakan bentuk akar.

·   Menentukan sekawan suatu bilangan.
·   Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan sekawan dari penyebut.

·   Menyeselaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.

·   Mendefinisikan bentuk .
·   Menyederhanakan bentuk  dengan mengkuadratkan dan menjadi bilangan kuadrat sempurna.

·  Menentukan pangkat rasional pada bentuk akar.







·  Menyelesaikan operasi aljabar pada bentuk akar.








·  Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.






·  Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok yang sama pada bentuk akar.


·  Menyelesaikan bentuk  pada bentuk akar.
·  Tugas Individu.









·  Tugas Kelompok.








·  Tugas Individu.







·  Kuis.






·  Tugas Individu.

Uraian singkat.


1.    Nyatakan bentuk berikut ini dalam pangkat rasional.
a.
b.




2.    Sederhanakanlah tiap-tiap bentuk dibawah ini.
a.
b.






3.    Rasionalkan tiap bilangan pecahan dibawah ini.
a.
b.

4.   Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan berikut ini.
a.
b.


5.   Sederhanakanlah tiap bentuk dibawah ini.
a.
b.


4 × 45 Menit






























Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Sifat-sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bulat Positif, Pangkat Bulat Negatif dan Nol.
·   Bilangan Rasional.
·   Operasi Aljabar Bentuk Akar.
·   Merasionalkan Penyebut Pecahan Bentuk Akar.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif dan nol), bilangan rasional, operasi aljabar pada bentuk akar dan  merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
·   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan berpangkat (pangkat bulat positif, negatif dan nol, bilangan rasional, operasi aljabar pada bentuk akar dan merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
Ulangan Harian
· Pilihan Ganda.












· Uraian Saingkat
1.  
a.
b.
c. 
d.
e. 
2.   Sederhanakanlah.
a.
b.
2 × 45 Menit


·    Logaritma.
Ø Logaritma Basis 10.










Ø Logaritma sebagai Invers dari Pangkat.






Ø Sifat-Sifat Logaritma.






Ø Mengubah Bilangan Pokok Logaritma.

·   Mendefinisikan logaritma basis 10 dengan bilangan pokok dan hasil pangkat.
·   Menentukan logaritma suatu bilangan dengan menggunakan table logaritma atau kalkulator.


·   Mendefinisikan logaritma sebagai invers dari pangkat.
·   Menggubah bentuk logaritma kedalam bentuk pangkat dan sebaliknya.

·   Mendefinisikan logaritma dan sifat-sifat ligaritma.
·   Menyederhanakan logaritma dengan menggunkan sifat-sifat logaritma.

·   Mendefinisikan bilangan pokok logaritma.
·   Menggunakan kalkulator atau tabel dalam menyelesaikan bilangan pokok logaritma.




·   Menentukan logaritma basis 10.









·   Menentukan logaritma dari pangkat.






·   Menyelesaikan sifat-sifat logaritma dalam pemecahan masalah.





·   Menentukan bilangan pokok logaritma.
·  Tugas Individu.










·  Tugas Individu.






·  Tugas Kelompok.





·  Tugas Individu.

Uraian singkat.


1.Tentukan logaritma dari bilangan-bilangan di bawah ini, sampai tiga angka di belakang koma.
a. 1.000
b. 9,3






2. Nyatakan tiap logaritma di bawah ini dalam bentuk pangkat.
a. 3log 9 = 2
b.


3. Sederhanakanlah.
a. 10log 287
b. 2log 4 + 2log 8




4.Nyatakanlah dengan bilangan pokok yang diketahui disampingnya.
a. 32log 2 ; 2
b. 5log 8 ; 3
2 × 45 Menit























Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·    Logaritma Basis 10.
·    Logaritma sebagai Invers dari Pangkat.
·    Sifat-Sifat Logaritma.
·    Mengubah Bilangan Pokok Logaritma.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan logaritma basis 10, logaritma sebagai inversdari pangkat, sifat-sifat logaritma dan mengubah bilangan pokok logaritma.
·   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai logaritma basis 10, ligaritma sebagai invers dari pangkat, sifat-sifat logaritma dan mengubah bilangan pokok logaritma.
Ulangan Harian.
· Pilihan Ganda.










· Uraian Singkat.
1.Nilai dari
a.   3
b.   2
c.   
d.  
e.   
2. Jika alog x = 3 dan 3alog y = 3, maka nilai  sama dengan …….
2 × 45 Menit

1.2.  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar dan logaritma.
·    Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma.











·    Sifat-Sifat Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma.
·   Menyederhanakan bentuk aljabar yang memenuhi pangkat bulat.
·   Menyederhanakan bilangan bentuk akar.
·   Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat logaritma.
·   Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.

·   Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan logaritma.
·   Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar dan logaritma.









·   Membuktikan dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan sifat dari logaritma.
·  Tugas Individu.












·  Tugas Kelompok.

· Uraian singkat.












· Uraian Obyektif.
1.Bentuk sederhana dari adalah …..









2.Buktikan bahwa.
a. an × am =an+m
b.
c.  alog xy= alog x + alog y

2 × 45 Menit













Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·    Sifat Bilangan dengan Pangkat Bulat Positif.
·    Merasionalkan Penyebut Pecahan Bentuk Akar.
·    Sifat-Sifat dari Logaritma.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan sifat-sifat dari logaritma.
·   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat bilangan dengan pangkat bulat positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan sifat-sifat dari logaritma.
Ulangan Harian.
· Pilihan Ganda.
· Uraian Obyektif.
1.    Jika diketahui a = 16 dan b = 9, maka nilai dari = .........
a.  -2.806
b.  -2.608
c.   2.608
d.  2.680
e.   2.860
2.    Tulislah pecahan ini  dalam bentuk paling sederhana. Kemudian rasionalkan penyebut pecahan tersebut.
2 × 45 Menit


Standar Kompetensi            : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2. 1.Memahami konsep fungsi.
·   Fungsi
Ø Pengertian Fungsi.






















Ø Domain dan Range suatu Fungsi.




Ø Notasi Fungsi.

·   Mendeskripsikan pengertian fungsi.
·   Memehami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh-contoh.
·   Mengidentifikasi cirri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
·   Menjelaskan peristiwa sehari-hari yang dapat dipandang sebagai fungsi.










·   Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain) dan daerah hasil (range) dari fungsi.


·   Mengenal dan memahami notasi fungsi.
·   Menyatakan kurva sebagai fungsi dengan menggunakan notasi fungsi.

·   Memahami pengertian fungsi.





















·   Menentukan domain dan range suatu fungsi.





·   Menentukan notasi fungsi.
Tugas Individu.
Uraian singkat.

1. Perhatikan diangram!
A
1
2
3
a
b
c
 









a
b
c
B
1
2
3
 







Yang manakah merupakan fungsi dari kedua diagram diatas?

2. Fungsi f memetakan setiap bilangan asli ganjil ke-2 dan setiap bilangan asli genap ke-2. Tentukan:
a. Domain f.
b. Range f.

3. Pada gambar kurva di bawah tentukan notasi fingsinya.




 

-2
-1
1

-1

B
A

-2




2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·      Jenis-Jenis Fungsi.

·  Mendefinisikan jenis-jenis fungsi.
·   Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi.
·   Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya.
·   Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi.
Tugas Individu.

Uraian singkat.

·      Berikan satu contoh dari masing-masing sebuah fungsi.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·      Sifat-Sifat Fungsi.

·  Mendefinisikan sifat-sifat fungsi.
·   Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi.
·   Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan sifatnya.
·   Mengidentifikasi sifat-sifat  fungsi.
Tugas Individu.

Uraian singkat.

·      Berikan satu contoh dari masing-masing sifat fungsi.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol
2.2.  Mengambarkan grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
·      Fungsi Aljabar.
·   Mendefinisikan fungsi aljabar sederhana.
·   Menentukan nilai fungsi dari fungsi aljabar sederhana.
·   Mengambar grafik fungsi aljabar sederhana menggunakan hubungan anatara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi aljabar sederhana.
·   Menentukan fungsi aljabar.
Tugas Individu.

Uraian singkat.

·      Diketahui f(x) = x2 dan g(x) = 4, untuk x R. Gambarlah grafik f + g pada sistem koordinat yang sama.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·      Fungsi Kuadrat.

·   Mendefinisikan fungsi kuadrat.
·   Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·   Mengambar grafik fungsi kuadrat antara nilai variabel dan nilai fungsi kuadrat.
·   Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
·   Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
·   Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
·   Menggambar garfik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
·   Mengidentifikasi definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
·      Menentukan fungsi kuadrat.
Tugas Individu.

Uraian singkat.

·   Gambarkanlah grafik fungsi kuadrat dengan persamaan berikut.
a. y = 6x2 – 12x + 18
b. y = x2x + 2
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol
2.3.  Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
·   Persamaan Kudrat.
Ø Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran.




Ø Menyelesaikan Persamaan Kudrat dengan Melengkapkan Kuadrat Sempurna.

Ø Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan Rumus abc.




Ø Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dengan Grafik.


Ø Jumlah dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat.






















Ø Diskriminan dan Penggunaannya.


·   Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat.
·   Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan faktorisasi.

·   Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna.


·   Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc.




·   Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan grafik.


·   Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
·   Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
·   Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
·   Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.

·   Mengidentifikasi hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai deskriminan.
·   Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai diskriminan.
·   Menyelidiki jenis akar persamaan kuadrat dengan menghitung deskriminan persamaan kuadrat.





·      Menentukan persamaan kuadrat dengan pemfaktoran.





·      Menentukan persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna.



·      Menentukan persamaan kuadrat dengan rumus abc.




·      Menentukan persamaan kuadrat dengan grafik.




·      Menentukan persamaan kuadrat dengan jumlah dan hasil kali akar-akar.
















·      Menentukan persamaan kuadrat dengan diskriminan dan penggunaannya.
Tugas Kelompok.

Uraian singkat.



1. Faktorkan tiap bentuk kuadrat di bawah ini.
a.
b.



2. Tentukan penyelesaian tiap persamaan kuadrat di bawah ini dengan melengkapkan kuadrat.
a.
b.

3. Tentukan akar-akar persamaan kuadrat di bawah ini dengan rumus.
a.
b.

4. Tentukan penyelesaian persamaan  dengan menggunakan grafik .

5. Pakailah rumus jumlah dan hasil kali persamaan kuadrat untuk menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan berikut.

a.
b.










6. Tentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat di bawah ini.
a.
b.
4 × 45 Menit




































Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Pertidaksamaan Kudrat.
Ø Menyelesaikan Pertidaksamaan dengan Memperhatikan Tanda-Tanda Pertidaksamaan Kuadrat.




Ø Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Grafik Fungsi Kuadrat.


·   Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh pertidaksamaan kuadrat.
·   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan memperhatikan tanda-tanda pertidaksamaan kuadrat.

·   Menentukan arti geometris dari peneyelesaian pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
·   Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
·   Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode uji titik.


·   Menyelesaikan pertidaksamaan dengan memperhatikan tanda-tanda pertidaksamaan kuadrat.






·   Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan grafik fungsi kuadrat.
Kuis.
Uraian Obyektif.



1. Tentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan di bawah ini.
a.
b.




2. Dengan manggambar grafik fungsi di bawah ini. Tentukan nilai x yang memenuhi sehingga:
(i)    y > 0, (ii) y < 0
a. y = x2 – 2x + 6
b. y = x2 + 4
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Pertidaksamaan Bentuk Akar.
·   Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh pertidaksamaan bentuk akar.
·   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk akar.
·    Menentukan pertidaksamaan bentuk akar.
Kuis
Uraian Obyektif
·      Tentukan nilai x yang memenuhi tiap-tiap pertidaksamaan di bawah ini!
a.
b.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Pertidaksamaan Bentuk Nilai Mutlak.
·   Mendeskripsikan bentuk umum dan contoh pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
·   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan bentuk nilai mutlak dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak.
·    Menentukan pertidaksamaan bentuk nilai mutlak.
Kuis
Uraian Obyektif
·      Tentukan nilai x yang memenuhi tia-tap persamaan nilai mutlak di bawah ini (x R).
a.   
b.   
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Pengertian Fungsi.
·   Fungsi Aljabar Sederhana dan Kuadrat.
·   Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat.
·   Persamaan Kuadrat.
·   Pertidaksamaan Kuadrat.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, serta penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
·    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian fungsi, fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat serta penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
Ulangan Harian.
·   Pilihan Ganda.






·   Uraian Obyektif.
1.   Jika (x + a) (x – 3) = x2+6x – 27, maka a sama dengan ……..
a. -9
b. -2
c.  2
d. 3
e.  9
2.   Tentukanlah himpunan penyelesaian dari persamaan kuadrat berikut ini!
a. x2 + 3x = -2
b. x2 + 9x + 20 =0
2 × 45 Menit

2.4.  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kaudrat.
·   Menyusun Persamaan Kuadrat.
·   Menyusun persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya, yaitu dengan menggunakan perlkalian faktor atau menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar.
·   Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
·   Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
Tugas Kelompok.

Uraian Obyektif.

·      Susunlah suatu persamaan kuadrat dengan menggunakan jumlah dan hasil kali jika diketahui akar persamaan kuadrat di bawah ini.
a. -2 dan 7
b. 3 dan 8
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Diskriminan Persamaan Kuadrat.
·   Jumlah dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat.
·   Menyusun Persamaan Kuadrat.
·   Melakukan ulangan berisi diskriminan persamaan kuadrat, jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
·   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai diskriminan persamaan kuadrat, jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
Ulangan Harian
·   Pilihan Ganda.







·   Uraian Obyektif.
1.    Akar-akar persamaan kuadrat  adalah ……..
a. a dan -1
b. 2a dan 2
c.  a2 dan 1
d. a dan 2a
e.  2a2 dan (a + 1)
2.   Diketahui akar-akar persamaan px2 + x + q = 0 ialah α dan 5α. Tunjukkanlah bahwa pq = .
2 × 45 Menit

2.5.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat.











2.6.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya.
·   Masalah yang Melibatkan Persamaan Kuadrat.
·   Mengidentifikasi maslah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
·   Menentukan besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan atau fungsi kuadrat.
·   Merumuskan persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari.

·   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
·   Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehiidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
·    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang melibatkan persamaan kuadrat.
Tugas Kelompok.
Uraian Singkat.

1.   Lebar sebuah persegi panjang 5 cm kurang dari panjangnya. Jika luas persegi panjang 84cm2. Buatlah model matematikanya!














2.   Dua buah bilangan berbanding sebagai 3 : 7. Tentukan kedua bilangan itu jika hasil kalinya 5,376…..
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol
2.7.  Menyelesaikan pertidaksamaan satu variable yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
·   Pertidaksamaan Bentuk Pecahan.
·   Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel dari suatu masalah dalam matematika yang berkaitan dengan bentuk pecahan aljabar.
·   Menafsirkan pertidaksamaan satu variabel dari suatu  masalah dalam matematika yang berkaitan dengan bentuk pecahan aljabar.


·   Menyelesaikan pertidak samaan satu variabel dari masalah yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
Tugas Kelompok.
Uraian singkat.

·   Selesaikan setiap pertidaksamaan dibawah ini.
a.
b.
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol
2.8.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel.







2.9.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya.
·   Model Matematika dalam Pertidaksamaan.
·   Mengidentifikasi maslah yang mempunyai keterkaitan dengan pertidaksamaan.
·   Menentukan besaran masalah yang dirancang sebagai variabel pertidaksamaan.
·   Merumuskan pertidaksamaan yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika.

·   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika yang berkitan dengan pertidaksamaan.
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika yang berkitan dengan  pertidaksamaan.
·   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan.
Tugas Kelompok.

Uraian singkat.

1.    Harga 4 buah mangga tidak lebih dari Rp.10.000,-. Buatlah model matematika pertidaksamaannya.










2.    Pada sebuah kendaraan tertulis berat badan maksimal 2.000 kg. Jika seorang sopir yang beratnya 60 kg, hendak membawa beras dalam karaung yang masing-masing beratnya 100 kg. berapa banyak karung yang dapat diangkut?
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Masalah yang Melibatkan Persamaan Kuadrat.
·   Pertidaksamaan Bentuk Pecahan.
·   Model Matematika dalam Pertidaksamaan.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan masalah yang melibatkan persamaan kuadrat, pertidaksamaan bentuk pecahan dan model matematika dalam pertidaksamaan.
·   Mengerjakan soal dengan baik baerkaitan dengan materi mengenai masalah yang melibatkan persamaan kuadrat, pertidaksamaan bentuk pecahan dan model matematika dalam pertidaksamaan.
Ulangan Harian.

· Pilihan Ganda.














· Uraian Obyektif.
1.   Peluru ditembakkan ke atas membentuk lintasan dengan rumus h(t) = 40t – 6t2, dengan h tinggi peluru (m) dan t waktu (detik). Lamanya waktu peluru kembali jatuh ke tanah adalah…….
a. detik
b. detik
c.  detik
d. detik
e.  6 detik
2.   Edo berlari sejauh 3km. Kemudian, ia mengendarai sepeda motor sejauh 5km. Kecepatan sepeda sepeda motor 14 km/jam lebih cepat dari pada kecepatan lari Edo. Jika seluruh waktu yang ditempuh Edo 45 menit. Hitunglah rat-rata kecepatan lari Edo.
2 × 45 Menit



Standar Kompetensi    : 3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1.  Menyelesaikan isstem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.
·      Persamaan Garis Lurus.
Ø Gradien Garis dan Persamaan Garis  dan .










Ø Persamaan Garis .







Ø Persamaan Garis .




Ø Garis  Dalam Bentuk Linear.


Ø Garis .






Ø Garis



·      Mendefinisikan gradien garis.
·      Memberikan contoh penyelesaian gradien garis.
·      Mendefinisikan persamaan garis  dan .
·      Memberikan contoh penyelesaian persamaan garis  dan .

·      Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang persamaan garis .
·      Memberikan contoh persamaan garis .

·      Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang persamaan garis .

·      Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang garis  dalam bentuk linear.


·      Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang garis .
·      Memberikan contoh garis .

·      Menyimak pemahaman dan pendeskripsian tentang garis .
·      Memberikan contoh garis .


·      Menentukan gradien garis dan persamaan garis  dan  dalam persamaan garis lurus.








·      Menentukan persamaan garis .





·      Menentukan garis .



·      Menentukan garis  dalam bentuk linear.




·      Menentukan garis .






·      Menentukan garis .
Tugas Individu.

Uraian Singkat.



1.    Gambarlah suatu ngrafik pertumbuhan dari suatu spesies jika diketahui pertumbuhannnya paling cepat pada :
a. Usia muda.
b. Di usia tua.







2.    Tentukan persamaan garis yang memotong sumbu y di A(0,6) dan sumbu x di B(5,0).



















3.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik P(3,5) dan bergradien 2!






4.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (2,1) dan titik (-2,5)!






4 × 45 Menit



































Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Sistem Persamaan Linear.
Ø Sistem Persamaan Linear dengan Dua Variabel.























Ø Sistem Persamaan dengan Dua Variabel, Satu Linear dan Satu Kuadrat.







Ø Sistem Persamaan Linear dengan Tiga Variabel.


·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian linear dua variabel.
·      Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untunk menyelesaikan soal.
·      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel dengan menggunakan ngrafik.

·      Memeriksa hasil penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel berdasarkan ngrafik dengan menggunakan metode eliminasi, metode substitusi dan metode gabungan eliminasi dan substitusi.

·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linear dengan dua variabel, satu linear dan kuadrat.
·      Menenmukan penyelesaian sistem persamaan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat.
·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.
·      Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
·      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel.


·      Menyelesaikan sistem persamaan linear dengan metode grafik.











·      Menyelesaikan sistem persamaan linear dengan metode substitusi, metode eliminasi dan metode gabungan substitusi dan eliminasi.




·      Menyelesaikan sistem persamaan dengan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat.







·      Menyelesaikan sistem persamaan linear dengan tiga variabel.


·  Tugas Individu.













·  Tugas Individu.









·  Tugas Individu.










·  Tugas Kelompok.

Uraian Singkat.



1.    Tentukan koordinat titik potong sistem persamaan berkut.
x + y = 4
x – y = 2










2.    Selesaikanlah setiap sistem persamaan di bawah ini dengan metode gabungan substitusi dan eliminasi.
2x + y = 4
3x – 2y = - 1




3.    Selesaikan sistem persamaan berikut ini.
x2y2 = 9
x = 5








4.    Selesaikan sistem persamaan linear di bawah ini.
x + y + z = 2
2xy + z = -1
xyz = 0
 
8 × 45 Menit
































Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·   Persamaan Garis Lurus.
·   Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
·   Sistem Persamaan dengan Dua Variabel, Satu Linear dan Satu Kuadrat.
·   Sistem Persamaan Linear dengan Tiga Variabel.
·      Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel, sistem persamaan dengan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat dan sistem persamaan linear dengan tiga variabel.
·   Mengerjakan soal dengan baik barkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus, sistem persamaan linear dua variabel, sistem persamaan dengan dua variabel, satu linear dan satu kuadrat dan sistem persamaan linear dengan tiga variabel.
Ulangan Harian
·  Pilihan Ganda.










·  Uraian Obyektif.
1.    Diketahui sistem persamaan :
y = 4x + p
y = x2 – 2x + 3
mempunyai penyelesaian tunggal. Nilai p adalah…..
a. 3
b. 6
c.  9
d. -3
e.  -6
2.    Jika (p, q, r) memenuhi sistem persamaan:
2x + 3y + z = 8
3x – 2z = 7
2y – 3z = -16
Maka nilai p + q = …..
2 × 45 Menit

3.2.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.






3.3.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
·      Masalah yang Melibatkan Sistem Persamaan Linear.
·   Mengidentifikasi maslah yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan linear.
·   Menentukan besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan linear.
·   Merumuskan persamaan linear yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika.

·   Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika yang berkitan dengan sistem persamaan linear.
·   Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika yang berkitan dengan  persamaan linear.

·   Menyelesaikan masalah yang melibatkan sistem persamaan linear.
Tugas Kelompok.

Uraian Obyektif.

1.    Harga 5 kg mangga dan 4 kg jeruk Rp.55.000,-. Harga 5 kg mangga dan 3 kg jeruk Rp.47.500,-. Buatlah model matematikanya.








2.    Harga 5 kg mangga dan 4 kg jeruk Rp.55.000,-. Harga 5 kg mangga dan 3 kg jeruk Rp.47.500,-. Berapakah harga 1 kg mangga dan harga 1 kg jeruk?
2 × 45 Menit
Sumber :
·   Buku paket.
·   Buku refrensi lain.
Alat :
·   Laptop
·   LCD
·   OHP
·   Papan tulis
·   Sepidol

·      Masalah yang Melibatkan Sistem Persamaan Linear.
·   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan masalah yang melibatkan persamaan linear.
·   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai masalah yang melibatkan persamaan linear.
Ulangan Harian.
· Pilihan Ganda.










· Uraian Obyektif.
1. Pada tahun 2009 usia Udin seperempat usia pamannya. Jika pada tahun 2011 usia Udin sepertiga usia pamannya maka Udin lahir pada tahun…..
a.    1998
b.    2000
c.     2001
d.    2003
e.     2005
2. Ditoko buku “MURAH”, Adi membeli 4 buku, 2 bolpoin dan 3 pensil dengan harga Rp.26.000,-. Bima membeli 3 buku, 3 bolpoin dan 1 pensil dengan harga Rp.21.500,-. Citra membeli 3 buku dan 1 pensil dengan harga Rp.12.500,-. Jika Dina membeli 2 bolpoin dan 2 pensil maka ia harus membayar……
2 × 45 Menit



                         Mengetahui,                                                Sanggau,      Desember  201 
Guru Matematika,                                                            Mahasiswa,
     

Dzakiyah Yasfin, S.Pd                                                                                 Desia Meli 
NIP. 198601132010012014                                        NIM. 310800049

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar